9 Cara Mudah Latihan Renang Secara Otodidak. Wajib Coba Nih!

Kamu termasuk orang yang kurang beruntung kalau belum bisa berenang. Karena berenang nggak cuma olahraga, justru lebih banyak porsi bermainnya. Berenang merupakan olahraga terbaik karena melibatkan semua organ tubuh untuk bergerak, termasuk juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pernapasan.

Jadi, sampai kapan kamu betah bakal bilang, “Nggak ikutan deh, aku nggak bisa berenang”? Malu dong! Ini nih cara-cara mudah biar kemampuan renangmu meningkat pesat!

1. Segala sesuatu bisa dicapai asalkan ada niat dan tekad yang kuat

niat dan tekad bulat

niat dan tekad bulat via http://www.google.co.id

Paling penting dalam tips belajar otodidak adalah niat, niat dan niat!

Tanpa adanya niat, keinginanmu untuk bisa berenang nggak akan terwujud. Nggak usah kuatirin soal tenggelam, malu dilihat orang, apalagi biaya. Tanamkan dalam pikiranmu bahwa berenang adalah olahraga terbaik sepanjang masa, dan kamu harus mahir melakukannya.

2. Cari teman yang bisa diajak untuk belajar berenang bareng, supaya makin semangat gitu…

cari teman untuk belajar bareng

cari teman untuk belajar bareng via http://www.google.co.id

Jadi, sebelum memulai belajar berenang, kamu perlu cari teman buat jagain kalau ada apa-apa. Siapa tahu kita tenggelam atau panik di dalam kolam renang. Meskipun temen ini sama-sama nggak bisa berenang, paling nggak dia bisa manggilin orang lain untuk diminta bantuan saat kita butuh.

3. Melatih mental dengan nyemplung ke dalam air kemudian dilanjutkan gerakan melompat. Ini ampuh banget!

berani dulu masuk ke air

berani dulu masuk ke air via http://www.google.co.id

Sebaiknya kamu memulai latihanmu di dalam kolam yang nggak terlalu dangkal, karena berenang di kolam dangkal justru mengurangi tekanan air, akibatnya tubuhnmu jadi susah mengapung.

Yang perlu dilakukan:

Rendam tubuh sebatas leher, kemudian basahi muka dengan kedua tangan berulang-ulang.
Duduk di dasar kolam, kepala tetap di atas permukaan air, kedua telapak tangan letakkan di samping kiri dan kanan paha.
Mulailah melompat dengan mempergunakan kedua kaki dirapatkan, gerakannya pendek, lakukan berulang-ulang di tempat.

Gerakan ini melatih keberanian kamu untuk masuk ke dalam air.

4. Sebelum bisa berenang, pastinya kamu harus lebih dulu bisa berjalan di dalam kolam

berjalan di dalam kolam

berjalan di dalam kolam via http://www.google.co.id

Yang perlu perlu kamu perhatikan dan lakukan:

Berjalanlah dengan lutut ditekuk dan diayun di dalam air ke arah depan dan ke belakang, lakukan berulang-ulang.
Berjalan dengan step panjang dan pendek ke arah depan dan belakang, lakukan berulang-ulang.
Berjalan ke arah depan dengan menendangkan kaki, lakukan secara berulang-ulang.

Latihan ini membantu kamu untuk bisa berdiri tegak di kolam dan menjaga keseimbangan tubuh dalam kolam.

5. Belajar pernapasan. Langkah ini penting biar kamu bisa tahan berenang lama dalam kolam renang

tahan nafas dalam air

tahan nafas dalam air via http://www.google.co.id

Latihan pernapasan sangat penting karena kamu harus bisa atur nafas dalam air. Kapan saatnya menghirup udara dan kapan saatnya menghembuskan udara. Caranya:

Ambil nafas yang panjang, lalu masukkan semua badan ke dalam kolam.
Tahan nafas sambil hitung selama beberapa detik, usahakan bikin bubble dengan mengeluarkan nafas sedikit demi sedikit melalui mulut atau hidung. Hal ini perlu dilakukan supaya nggak bikin kita ngos-ngosan ketika berenang.
Keluarkan kepala dari ke luar kolam, kamu harus menarik nafas secara penuh dengan menggunakan mulut dan dengan membuka mata.
Lakukan latihan ini secara berulang-ulang sampai kamu benar-benar seperti bernafas seperti biasanya.

6. Kamu juga harus bisa mengapung, baik telungkup maupun telentang

mengapung dalam air

mengapung dalam air via http://www.google.co.id

Salah satu faktor penting sebelum kamu bisa berenang, kamu harus bisa mengapung. Ikuti langkah-langkah ini:

Saling berhadapan dengan partner, condongkan badan ke depan secara perlahan-lahan, buka kedua tungkai kaki dan lengan, sehingga mengapung seperti bentuk bintang. Partnernya memberi bantuan dengan menyambut telapak tangannya bilamana mengalami kesulitan, kemudian lakukan latihan seperti itu secara sendiri-sendiri. Posisi kepala benar-benar telungkup jika ingin mengapung dengan sempurna.
Saling berhadapan dengan partner, latihan seperti tadi hanya sekarang posisi badan telentang, partnernya menahan bagian belakang kepala, jika temannya mengalami kesulitan pada saat latihan, atau pada saat sulit bangun ke posisi berdiri kembali.
Latihan diulang-ulang sampai kamu betul-betul mengusai. Posisi kepala benar-benar telentang hingga dapat melihat ke arah belakang, maka akan mengapung dengan sempurna.

7. Setelah bisa mengapung, kamu harus lakukan gerakan meluncur

meluncur dalam air

meluncur dalam air via http://www.google.co.id

Jika kamu sudah berhasil mengapung, maka lakukan gerakan meluncur agar sebagai awalan bergerak maju di air. Ikuti langkah ini:

Berdiri tegak, kedua lengan lurus ke atas dirapatkan
Bungkukkan tubuh ke depan, dada sampai mengenai permukaan air
Tolakkan salah satu kaki ke dinding tembok, meluncurlah selama mungkin, pertahankan sikap meluncur sampai berhenti dan nafas kamu habis
Ulangi latihan ini berulang kali sampai tubuhmu seimbang ketika meluncur, nggak miring ke kiri atau ke kanan

8. Latihan menggerakkan anggota badan mirip gerakan dasar berenang, hitung-hitung ngasah kemampuan

belajar gerakan berenang

belajar gerakan berenang via http://www.google.co.id

Setelah kamu mahir dalam latihan pernapasan, mengapung dan meluncur, selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah latihan gerakan berenang. Yang bisa kamu lakukan:

Tangan pegangan di dasar kolam, kemudian lakukan gerakan kaki ke atas dan ke bawah untuk gaya bebas. Usahakan cipratannya nggak terlalu banyak. Kemudian lakukan gerakan kaki membuka dan menutup untuk gaya dada.
Sandarkan badan pada dinding kolam, membungkuklah dan lakukan ayunan tangan seolah mendayung untuk gaya bebas. atau gerakan tangan membuka dan menutup untuk gaya dada.
Lakukan berulang-ulang sampai kamu benar-benar nyaman bisa melakukan gerakan ini di dalam air.

9. Cobalah untuk langsung berenang. Kuncinya cuma satu, jangan panik atau takut air!

memulai berenang!

memulai berenang! via http://www.google.co.id

Nah, kalau kamu sudah bisa semua gerakan dasar berenang, ini saatnya kamu mempraktikannya!

Pertama-tama, lakukan awalan seperti gerakan meluncur, jangan lupa ambil nafas panjang.
Tolakkan kaki kamu dan meluncurlah, gerakkan kaki atau tangan secara perlahan membentuk gerakan berenang, misal gaya bebas, nggak perlu ragu, yang penting jalan.
Jangan panik saat menggerakan badan, gerakkan badan sesuai gerakan renang gaya bebas ayunkan tangan seolah mendayung dan gerakan kaki ke atas dan ke bawah agar tubuh kamu bisa bergerak maju.
Saat kamu kehabisan nafas dalam air, keluarkan kepalamu di atas permukaan air secara perlahan, lalu ambil nafas menggunakan mulut, persis seperti yang kamu lakukan pada saat belajar pernapasan.
Pada awalnya memang kamu akan kesulitan untuk mengambil nafas, kamu akan kehilangan kendali dan sedikit takut untuk memulai berenang kembali.
Jangan menyerah, lakukan terus menerus sampai kamu nyaman bergerak dalam air.

Gimana? tertarik untuk mencoba? Nggak pernah ada kata terlambat untuk belajar kok. Good luck, ya!

Advertisements